Translate

Senin, 27 Januari 2014

Latar Belakang Timbulnya Kemitraan



Saraswati (2002) dalam Puspitasari (2003) menyebutkan latar belakang  timbulnya hubungan kemitraan antara pengusaha besar dengan pengusaha kecil antara lain:



1. Latar belakang pengusaha besar bermitra dengan pengusaha kecil: 
a.     Adanya himbauan pemerintah tentang kemitraan pengusaha besar dengan pengusaha kecil atau petani yang direalisasikan melalui Undang-Undang Perindustrian No. 5 Tahun 1981 dan SK Mentri Keuangan No. 136. 
b.     Adanya himbauan bisnis (ekonomi) dimana pengusaha besar yang bermitra dengan pengusaha kecil akan lebih diuntungkan daripada mengerjakan sendiri.

c.   Tanggung jawab sosial, yaitu kepedulian dari pengusaha besar untuk memajukan dan mengembangkan masyarakat sekitar.




2. Latar belakang pengusaha kecil bermitra dengan pengusaha besar:

a.  Adanya jaminan pasar yang pasti.

b.  Mengharapkan adanya bantuan dalam hal pembinaan, permodalan, dan pemasaran.

c.  Kewajiban untuk bermitra dengan pengusaha besar.

d. Kerjasama dengan pengusaha besar akan lebih menguntungkan, baik dari segi harga, jumlah, dan kepastian, maupun dari segi promosi.



Potensi kerja sama ini dapat dikembangkan dengan berbagai upaya antara lain dengan adanya kesamaan sasaran atau  kepentingan.  Produsen, dan para mitra usaha saling mengisi kebutuhan masing-masing, bisa mengenal, melayani dan memuaskan pasar sasaran lebih efisien dan efektif dibanding bila harus bekerja sendiri-sendiri. Kemitraan dalam rangka keterkaitan usaha diselenggarakan melalui pola-pola yang sesuai dengan sifat dan tujuan usaha yang dimitrakan dengan diberikan peluang kemitraan seluas-luasnya kepada usaha kecil, oleh pemerintah dan dunia usaha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar